Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday 6 September 2013

Kumpulan Soal Fisika - Bagian 2 (Kinemathics With Vector Analysis)

Berikut adalah Kumpulan Soal Fisika - Bagian 2 (Kinemathics With Vector Analysis)

32.  Sebuah benda berjarak 150 m dari titik acuan O dan bersudut 37° terhadap sumbu x. Jika i dan j merupakan vektor satuan, tuliskan persamaan posisi r benda tersebut dalam bentuk vektor satuan!
33.  Dalam sebuah koordinat xy, rumah Amir dinyatakan dalam vektor A = (30i + 50 j) m dan sekolah Amir dinyatakan dalam vektor B = (90 i + 130 j)m. Tentukan vektor perpindahan Amir dari rumah ke sekolah C dan besar vektor perpindahannya!
34.  Toni throws a ball toward a wall at speed 20.0 m/s and at angle θ0= 37.0° above the horizontal axis. The distance of wall is d = 24.0 m from release point of the ball. Determine : a) How far above release point does the ball hit the wall? b) What is the horizontal and vertical component of its velocity as it hits the wall? c)When the ball hits, has it passed the highest point on its trajectory? Use sin 37° = 0.6 and gravitational acceleration = 10m/s2
35.  Gerakan seekor semut dapat dinyatakan dalam bidang xy. Koordinat x dan y semut tersebut terhadap waktu dinyatakan oleh persamaan  dan dengan x dan y dalam satuan cm dan t dalam sekon. Tuliskan persamaan vektor posisi r terhadap waktu t dengan menggunakan vektor satuan i dan j.
36.  Sebuah partikel bergerak dari titik A (3,1,2) ke titik B (5,5,4) dalam ruang koordinat xyz. Tuliskan vektor perpindahan partikel tersebut dan besar vektor perpindahannya!
37.  Posisi pergerakan sebuah materi dinyatakan dalam sebuah persamaan vektor sebagai fungsi waktu dalam bidang koordinat xy yaitu r(t) =() i + (  )j dengan t dalam sekon dan r dalam meter. Tentukan vektor perpindahan dari t = 1 s dan t = 2 s dan tentukan juga besar vektor perpindahannya
38.  Sebuah balon naik ke atas vertikal dengan kecepatan 5 m/s. Pada ketinggian 200 m, sebutir peluru ditembakkan arah mendatar dengan percepatan 120 m/s. Hitung kapan, dimana, dan dengan kecepatan berapa peluru mencapai : a) titik tertinggi b) tanah
39.  Sebuah sasaran terletak pada koordinat (80,20) m. Seseorang melemparkan batu dengan sudut 53° ke arah sasaran tersebut dari pusat koordinat. Berapakah kecepatan yang harus diberikan agar batu itu tepat mengenai target?
40.  Seseorang penjelajah angkasa luar terdampar di sebuah planet asing. Di planet ini ia dapat melompat setinggi 30 m jika ia melompat dengan kecepatan awal 9 m/s. Berapakah percepatan gravitasi di planet ini?
41.  Gedung di lantai 10 setinggi 40 m sedang mengalami kebakaran. Seseorang pemadam kebakaran di permukaan Bumi yang berjarak horizontal 10 m dari lokasi kebakaran segera menyemprotkan air yang memiliki kecepatan awal 40 m/s saat air keluar dari selang. Tentukan sudut elevasi air terhadap horizontal yang harus ditembakkan agar dapat mengenai lokasi kebakaran!
42.  Seekor itik berenang menyeberangi sungai yang lebarnya 100 m dengan kelajuan 7,2 km/jam, sedangkan kelajuan arus air sungai adalah 10,8 km/jam. Tentukan resultan itik tersebut dan jarak simpangan dari tujuannya semula (titik tepat di depannya di seberang sungai saat ia mulai berenang)
43.  Tentukan titik R sebagai titik koordinat kecepatan sebuah materi pada saat t = 2 s jika percepatan materi tersebut memenuhi persamaan a(t) = (i +  j). dengan t dalam sekon dan koordinat kecepatan pada saat t = 0 adalah (0,0)
44. (OSN FISIKA KABUPATEN 2005/2006) Seorang anak berjalan menuruni sebuah tangga eskalator yang sedang bergerak turun memerlukan waktu 1 menit. Jika kecepatan berjalannya dilipatgandakan (di dua kalikan), maka ia memerlukan waktu 40 detik. Berapa waktu yang diperlukan jika anak tersebut diam/relaks?  
45.  Persamaan kecepatan sebuah partikel adalah v = ( i + j)m/s dengan  m/s dan  m/s. Pada saat awal, partikel berada di titik pusat koordinat. A) Tentukan percepatan rata-rata dalam selang waktu t=0 sampai t=2 s. b) Nyatakan persamaan umum vektor percepatan sebagai fungsi waktu. c) Di manakah partikel berada pada saat t=2 sekon? d) Tentukan besar dan arah percepatan dan kecepatan pada saat t = 2 s.
46.  Sebuah partikel bergerak lurus dengan percepatan a = (2-), dengan t dalam sekon. Jika kecepatan dan perpindahan partikel pada waktu t = 1 s adalah 3 m/s dan m, posisi partikel pada saaat t = 2 s adalah...
47.   Sebuah benda dilemparkan dari kaki bidang miring A dengan kecepatan awal 50 m/s dengan sudut 37°ke atas terhadap bidang miring (sudut bidang miring 16,3°). Di titik B pada bidang miring benda dipantulkan sempurna, artinya kecepatan pantulan sama dengan kecepatan datang namun arahnya berlawanan. Hitung : a) jarak AB b) tinggi maksimum gerakan pantulan terhadap bidang miring)
48.  Ujung yang berada di atas gedung yang ketinggiannya 51,7 m menjatuhkan sebuah bola basket tepat pada saat robot yang tingginya 1,7 m digerakkan menuju kaki gedung dengan kecepatan tetap 1,40 m/s. Supaya bola basket tepat mengenai kepala robot, berapa jauhkan robot itu dari kaki gedung tepat pada saat bola basket jatuh?
49.   A ball is shot from the top of a building with an initial velocity of 18 m/s at an angle θ = 42° above the horizontal . a) What are the x and y components of the initial velocity? b) If a nearby building is the same height and 55 m away.how far below the top of the building will the ball strike the nearby building?
50.  You buy a plastic dart gun, and being a clever physics students you decide to do a quick calculation to find its maximum range. You shoot the gun straight up, and it takes 4.0 s for the dart to land back at the barrel. What is the maximum horizontal range of your gun?
51.  A person going for a walk follows the path shown in Fig. P3.59. The total trip consists of four straight-line paths. At the end of the walk, what is the person's resultant displacement measured from the starting point?

Sekian dulu Kumpulan Soal Fisika (Kinemathics With Vector Analysis) yang saya ketik. Semoga Bermanfaat. 
Daftar Pustaka Soal: (Berikut adalah sumber-sumber saya untuk mengetik soal-soal ini)
  1. Prof. Yohanes Surya, Bahan Ajar Persiapan Menuju Olimpiade Sains Nasional/Internasional SMA:Mekanika dan Fluida 1, PT Kandel, 2010
  2. Bob Foster, Fisika Terpadu SMA/MA Kelas XI Semester 1,Penerbit Erlangga, 2011
  3. Tim SSCIntersolusi, Olimpiade Fisika SMA, Penerbit Erlangga, 2010
  4. Ir. Marthen Kanginan, M.Sc, SeribuPena Fisika SMU Kelas 1, Penerbit Erlangga, 1997
  5. Ir. Marthen Kanginan, M.Sc, Fisika Untuk SMA Kelas XI Semester I, Penerbit Erlangga,2004
  6. Douglas C. Giancoli,Physics:Principles With Applications Sixth Edition, Pearson Prentice Hall,2005
  7. Serway Jewett,Physics for Scientist and Engineer Sixth Edition Vol.1,Thomson Brooks/Cole,2004
  8. Tim Gunung Ilmu, Fisika Untuk SMA/MA 11A,Penerbit Gunung Ilmu, 2006
 

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sopan karena itu adalah pencerminan dari sikap dan tabiat anda.